mengatasi demam setelah imunisasi

Imunisasi merupakan kegiatan pencegahan penyakit yang akan menyerang kita, imunisasi biasanya dilakukan setelah bayi lahir sampai anak anak dengan jenis imunisasi yang berbeda.

Setiap anak bayi pastinya akan di Imunisasi, tak terkecuali anakku. Hari ini adalah imunisasi DPT yang ke-3. Saya harus siap - siap begadang semalaman karna biasanya setelah di Imunisasi bayi akan demam. Dan ini bisa menjadikan anak nangis dan rewel terus. Kasian sekali melihatnya, mengingat bayi itu kan belum bisa mengeluh bagian mana yang sakit.
Banyak orang yang menyarankan untuk melakukan beberapa hal agar bayi tidak rewel dan demam. diantaranya:
Sebelum melakukan imunisasi siapkan kondisi bayi fit. Ini bisa dilakukan dengan cara pijat di tukang urut bayi. Karena dengan di urut maka peredaran darah bisa lancar dan bayi bisa lebih rileks.
Berikan segera obat penurun panas yang diberikan oleh dokter atau petugas.
Di sekitar bagian yang di suntik, berikan larutan garam dan asam jawa (asam jawa bisa di beli di pasar/ minimarket. Larutan ini terasa dingin di kulit dan bisa melancarkan obat yang sudah disuntiikan. Sehingga bisa mengurangi rasa sakit pada bagian bekas suntikan. Cara membuatnya cukup mudah. Masukkan asam jawa kedalam larutan air garam. Tunggu beberapa saat hingga asam melunak. Kemudian oleskan larutan di sekitar bekas suntikan. Jangan sampai mengenai bekas suntikan.


Saya lakukan 3 hal diatas, dan ternyata benar ini bisa mengurangi rewel si bayi. Tapi jangan lupa pula berikan ASI yang lebih ketika bayi demam. Agar demam bisa segera turun.

Post a Comment for "mengatasi demam setelah imunisasi"