belajar usaha, materi smk, game

soal tryout produktif tkr 2014


1.     Berat Jenis elektrolit pada baterai dalam keadaan terisi penuh dan pada suhu 20 oC adalah …..
a. 1,2  V                                          c. 1,26  V                                        e. 1,20  V
b. 12  V                                          d. 1,28  V
2.     Untuk menyimpan baterai yang baik agar tidak terjadi kesulfatan dan mengurangi terjadinya self di charge adalah …..
a. Jangan menyimpan baterai dalam keadaan kosong, simpan di tempat gelap dan dingin
b. Simpan baterai dalam keadaan kosong, dan letakkan di tempat panas dan kering
c. Jangan disimpan di udara lembab
d. Simpan baterai sambil di charge (diisi)
e. Simpan baterai di tempat penyimpanan yang benar
3.     Alat multifungsi dan paling banyak digunakan untuk memeriksa system kelistrikan adalah …..
a. Avometer / Multitester                  c. Voltmeter                                    e. Jangka Sorong
b. Amperemeter                              d. Ohmmeter
  
G      5.     Standart lebar celah (gap) pada busi adalah ….
a. 0,3 – 0,4 mm                               c. 0,8 – 1,0 mm                               e. 0,7 – 0,8 mm      
b. 0,5 – 0,6 mm                               d. 0,4 – 0,5 mm
6.     Tanda pengapian dengan 3 tanda pada roda gaya atau puli, maka tanda yang pertama adalah …
a. Tanda pemeriksaan
b. Tanda pembukaan kontak pemutus
c. Tanda TMA
d. Tanda untuk mengontrol advance centrifugal
e. Tanda saat pengapian
7.     Selenoid pada motor starter berfungsi untuk ….
a. Menghubungkan arus dari terminal 30 ke terminal 50
b. Memutus dan menghubungkan gigi pinion ke fly wheel dengan perantara sikat
c. Mempertahankan gigi pinion tetap diam pada dudukannya
d. Menghubungkan arus dan terminal 30 ke terminal C
e. Menghubungkan arus dari terminal 50 ke terminal C
8.     Pada rangkaian sistem starter, rangkaian kelistrikannya yaitu :
a. Baterai +         kunci kontak B         ST           terminal 30 selenoid
b. Baterai +         kunci kontak B         IG           terminal 30 selenoid
c. Baterai +         kunci kontak B         ST           terminal 50 selenoid
d. Baterai +         kunci kontak B         ST           terminal C  solenoid
e. Baterai +         kunci kontak B         IG           terminal 50 selenoid
9.     Komponen sistem pendingin yang berfungsi mensirkulasi air di dalam engine adalah …
a. Radiator                                      c. Water Pump                                e. Fan Belt
b. Cooling Fan                                d. Thermostat
10.  Pengaruh utama jika engine tanpa menggunakan thermostat dalam sistem pendinginnya adalah ….
a. Terjadi over heating pada engine
b. Temperatur engine tidak stabil
c. Tidak terjadi knocking
d. Bahan bakar boros
e. Cylinder Block rusak
11.  Akibat yang ditimbulkan jika saluran-saluran dalam sistem AC mobil, terutama katup ekspansi terdapat uap air ketika mengalami kebocoran adalah ….
a. Terjadi pembekuan (es) pada saluran-salauran sistem AC
b. Temperatur zat pendingin akan berkurang
c. Katup ekspansi menjadi rusak
d. Zat pendingin akan berubah wujud (membeku)
e. Terjadi penyumbatan di saluran-saluran sistem AC

12.  Evaporator dilengkapi dengan motor blower, mengambil panas dari udara sekitar yang bertujuan untuk …
a. Mengkondensasi zat pendingin
b. Mengubah bentuk zat pendingin menjadi gas
c. Memberi tekanan pada zat pendingin
d. Mendinginkan zat pendingin
e. merubah zat pendingin menjadi uap air
13.  Komponen sistem pengapian yang berfungsi memutus dan menghubungkan arus primer coil adalah ….
a. Condensator                               c. Distributor                                   e. Busi
b. Rotor                                          d. Kontak pemutus
14.  Jika elektroda busi terbakar, pada permukaan isolator menempel partikel-partikel yang mengkilat, isolator berwarna putih dan kuning, apakah penyebab utama dari kerusakan pada sistem pengapian!
a. Penyetelan saat pengapian terlalu awal
b. Penyetelan saat pengapian terlalu mundur
c. Busi kondisi rusak
d. Penyetelan busi kurang sempurna
e. Coil pengapian kondisi rusak
15.  Engine diesel identik dengan terjadinya knocking / detonasi yang besar, getaran engine tinggi dan suara engine kasar, apakah penyebab terjadinya hal tersebut di atas !
a. Bahan bakar solar
b. Konstruksi engine besar
c. Kompresi engine tinggi
d. Tenaga engine kuat
e. Temperatur engine tinggi
16.  Penyebab utama timbulnya asap hitam pada muffler / knalpot engine diesel adalah ….
a. Jenis bahan bakar yang digunakan
b. Hasil pengabutann dari injector nozzle tidak sempurna
c. terdapat kotoran dalam ruang bakar cylinder
d. Fuel filter mengalami kerusakan
e. Injection pump mengalami perubahan
17.  Perbedaan mekanisme suplai bahan bakar ke dalam ruang bakar pada sistem EFI dan mekanik (konvensional) adalah ….
a. Sistem EFI menggunakan karburator
b. Masuknya bahan bakar karena ada hisapan (kevakuman)
c. Adanya tekanan (injeksi) ke dalam ruang bakar
d. Melalui katup hisap yang terbuka
e. Gerakan torak saat langkap hisap
18.  Komponen sistem EFI yang berfungsi menerima sensor-sensor yang mendeteksi volume udara masuk, beban mesin, temperature udara dan air pendingin, akselerasi dan deselarasi adalah ….
a. Air flow meter
b. Ignition signal
c. ECU (Elektronis Control Unit)
d. Throttle body
e. Manifold  Pressure  Sensor
19.  Pada saat pedal kopling diinjak bantalan pelepas mendorong jari-jari atau tuas plat tekan ke arah dalam hal ini menyebabkan plat  tekan bergerak menjauh dari ….
a. Bantalan pelepas                         c. Cakram gesek                             e. Roda gaya
b. Pegas tekan                                d. Transmisi
20.  Prosedur untuk melakukan pengeluaran udara disebut ….
a. Komplikasi hidrolik                      c. Input transmisi                             e. Kopling pegas
b. Penceratan                                  d. Kopling diafragma
21.  Sistem utama yang ada pada karburator  antara lain …
a. Dash pot                                     c. Sistem percepatan                       e. Hot idel compensator
b. Mekanisme idel cepat                  d. Anti dieselling
22.  Fungsi dari sistem bahan bakar adalah …..
a. Mengatur dan mengirim bahan bakar ke ruang bakar
b. Mencampur udara dan bahan bakar dan mengirim campuran tersebut dalam bentuk cair ke intake
    manifold
c. Menampung bahan bakar untuk dikirim ke ruang bakar
d. Mencampur udara dan bahan bakar dan mengirim campuran tersebut dalam bentuk kabut ke 
    ruang bakar
e. Mengatur dan mencampur udara dengan bahan bakar
23.  Piranti pada sistem geometri roda yang berfungsi mengembalikan sikap roda ke posisi lurus setelah membelok yaitu …
a. Sudut king pin                             d. Offset
b. Camber                                       e. Rolling
c. Caster
24.  Gangguan yang menyebabkan sirip-sirip jejak dari salah satu pundak ban terlalu cepat aus adalah…
a. Tie-rod bengkok
b. Pembebanan berlebihan
c. Tekanan ban kurang
d. Pentil sudah rusak
e. Pegas daun patah
25.  Bagian dari suspensi yang berfungsi mengurangi efek rolling bodi kendaraan dan memperbaiki sifat jalan belok kendaraan yaitu …..
a. Lengan suspensi                         c. Batang penahan                          e. Stabilisator
b. Shock Absorser                          d. Ball joint
26.  Penyebab kerusakan pada sistem suspensi yang mengakibatkan kendaraan miring ke satu arah adalah …..
a. Tekanan ban terlalu tinggi
b. Shock absorber sudah lemah atau rusak
c. Batang penahan bengkok
d. Pegas suspensi sudah lemah atau patah
e. Roda depan tidak balans
27.  Di bawah ini termasuk jenis tipe rem cakram …
a. Full floating                                 c. Uni servo                                    e. Leading and trailing
b. Duo servo                                   d. Two leading
28.  Berfungsi mengubah energi kinetik  menjadi energi panas untuk menghentikan laju kendaraan disebut ….
a. Brake                                          c. Hidrolik                                       e. Engine brake
b. Foot                                           d. Pneumatic
29.  Pada konstruksi defferential, side gear bergerak dan berhubungan langsung dengan …
a. Wheel                                         c. Axle shaft                                   e. Ring gear
b. Differential pinion                        d. Drive pinion
30.  Apabila kontak antara drive pinion dan ring gear tidak pas maka langkah kita yaitu ….
a. Mengganti ring gear dengan yang baru
b. Mengencangkan baut penyetel pada drive pinion
c. Melumasi drive pinion
d. Mengencangkan differential pinion
e. Mengganti side gear
31.  Apa tujuan dilaksanakan Tune – up bagi mesin ….
a. Agar mesin dapat bekerja
b. Untuk membersihkan kendaraan dari debu dan karat
c. Mengembalikan kinerja engine secara maksimal
d. Agar suara mesin halus
e. Untuk mencari kerusakan mesin 
32.  Alat untuk memeriksa derajat pengapian yaitu ….
a. Vacummeter                                c. Timing Light                                e. CO meter
b. Tachometer                                 d. Hydrometer
33.  Apa akibatnya bila kapasitas oli kurang ….
a. Engine panas, komponen cepat rusak
b. Bau menyengat di knalpot
c. Irit bahan bakar
d. Penyaluran mesin sulit
e. Kinerja mesin tidak stabil
34.  Apa yang menyebabkan gear susah masuk pada trasmisi manual …
a. Syinchromizer spring patah
b. Bearing aus
c. Pelumasan yang tidak sempurna
d. Circlip hilang
e. Kerusakan pada shift shaft
35.  Jenis roda gigi yang digunakan untuk transmisi model roda gigi geser yaitu ….
      Jelaskan alasannya ….
      a. Roda gigi lurus karena lebih irit / murah
      b. Roda gigi helical karena lebih kuat
      c. Roda gigi lurus karena bisa masuk kalau digeser
      d. Roda gigi helical karena lebih pas waktu bergeser
      e. Roda gigi cacing karena irit bahan
36.  Apa fungsi steering column …..
a. Memperingan putaran kemudi
b. Mengubah putaran kemudi
c. Menyerap energi dorong dari pengemudi jika terjadi tabrakan
d. Sebagai tempat dudukan steering wheel
e. Berhubungan tie rod untuk mengubah arah roda
37.  Apa fungsi  intermediate shaft ….
a. Menstabilkan roda akibat perbedaan panjang poros
b. Menahan goncangan poros akibat akselerasi
c. Memperkuat poros penggerak roda
d. Menahan axle shaft supaya tidak maju mundur
e. Meneruskan daya dari engine ke roda
38.  Tipe poros penggerak roda yang biasa digunakan untuk kendaraan berat yaitu …
a. Tipe Three – quarter floating
b. Tipe semi floating
c. Tipe full floating
d. Tipe melayang
e. Tipe independent
39.  Apa fungsi dari stearing gear ….
a. Menahan gerakan roda agar lebih stabil
b. Memperingan kemudi karena adanya gigi reduksi
c. Melindungi pengemudi akibat benturan dengan kemudi
d. Meredam getaran roda di jalan berlubang
e. Sebagai stabilizer sehingga lebih nyaman dalam berkendara
40.  Yang bukan termasuk suspensi belakang tipe independent yaitu ….
a. Double wish bone                        c. Swing axle                                  e. Full trailing arm
b. 4 link                                          d. Strut dual link
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori soal latihan dengan judul soal tryout produktif tkr 2014. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://saapii.blogspot.com/2013/03/soal-tryout-produktif-tkr-2014.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: syaiful ridlo - Friday, 15 March 2013

Belum ada komentar untuk "soal tryout produktif tkr 2014"

Post a Comment