belajar usaha, materi smk, game

alasan rel kereta api ada krikil


Kenapa Ada Batu Kerikil di Rel Kereta?? Ini Alasannya

Gara-gara kuota abis, jadinya dari hari senen blog nggak ane update. Baru sekarang dikasih kesempatan update lagi..

Begini nih suramnya pake tri AON, klo kuota internet abis yang ada cuma bisa browsingan ke 10 situs yang katanya sih populer (sebenernya ada 11, tapi yang 1 lagi kan layanan mesenger jd nggak ane anggep). Ditambah lagi gretongan tri lewat opmin udah susah. Klo boleh flashback sejenak ke masa gretongan tri masih berjaya, waktu itu bisa dibilang mbak sulastri tergolong provider yang paling gampang diajak ber-gretong ria. Tinggal otak-atik dikit bugnya tri semisal vuclip, snaptu, atopun tri.co.id udah bisa dipake jajan + donlod. Eh ini sekarang mah boro2 jajan, konek aja nggak.

Sebenernya sih asal tri paket internetnya bisa bener unlimited, ane nggak terlalu khawatir soal gretongan. Klo pake kuota gini kan apa-apa serba terbatas. Di iklannya doang yang digemborin "bebas itu nyata". Bagi ane klo cuma ke 10 situs sih itu kebebasan PALSU.
Ckckck udah ah curhatnya sampe disini aja. Klo ane terusin malah ntar kebawa emosi. wkwkwkw

Mending kita masuk ke inti post
kali ini yang bakal ane post yaitu soal rel kereta. Pasti pernah donk liat rel kereta??
klo belum, sono liat dulu ke stasiun. haha

Hampir di sepanjang rel kereta api biasanya terdapat batu kerikil yang terletak di bawah dan pada samping kanan dan kiri rel kereta api. Mengapa sengaja ditaruh dan apa fungsinya?

Ini dia fungsi dari kerikil yang biasa ada di rel kereta,
1. Fungsi batu kerikil pada rel kereta api adalah sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya lapisan batu kerikil ini rel dapat tetap berdiri dengan stabil. Sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun dapat berjalan dengan baik. 

2. Batu kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api tengah lewat. Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas dapat dikurangi. Dan rel kereta api pun tidak cepat rusak dan dapat digunakan untuk waktu yang lama. 

3. Fungsi berikutnya yaitu untuk menahan dan memperlancar aliran air di saat hujan. Fungsi ini berperan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah atau erosi pada tanah di sekitar rel kereta api. 

4. Dan yang terakhir, batu kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya rerumputan di sekitar rel. Tumbuhnya rerumputan di sekitar rel dapat dapat secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan penggemburan tanah di bawahnya. Hal ini tentunya dapat membahayakan karena jika tanah di bawah rel tidak stabil maka akan dapat membahayakan perjalanan kereta api.

Memang, ada posisi-posisi tertentu tidak perlu batu kerikil, seperti rel kereta api yang terdapat di atas jembatan atau jalan raya. Hal ini terjadi karena semua fungsi dari batu kerikil tadi sudah diambil alih fungsinya oleh mekanisme lain.Jembatan sudah dirancang khusus sedemikian rupa supaya dapat menahan getaran yang akan terjadi yang dihasilkan ketika kereta melintas. Demikian pun dengan rel kereta yang terdapat pada jalan raya, jalan aspal telah menggantikan peranan batu kerikil dengan baik. Sehingga pada tempat-tempat tersebut, tidak diperlukan lagi batu kerikil untuk diletakkan di bawah rel kereta api.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori teknologi dengan judul alasan rel kereta api ada krikil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://saapii.blogspot.com/2013/05/alasan-rel-kereta-api-ada-krikil.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: syaiful ridlo - Friday, 31 May 2013

Belum ada komentar untuk "alasan rel kereta api ada krikil"

Post a Comment