rpp berkarakter sma biologi kelas x

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                         : SMA Negeri 1 B
Mata Pelajaran                        : Biologi
Kelas/Semester                        : X / II
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi               : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.
Kompetensi Dasar                   : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah   perusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan

Indikator :
·       Menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya perusakan lingkungan.
·       Membuat usulan alternatif pemecahan temuan masalah kerusakan lingkungan
·       Mengenali perilaku manusia yang tidak ramah lingkungan.
·       Memberikan contoh bahan-bahan polutan.
·       Menjelaskan dampak suatu bahan polutan terhadap kelangsungan hidup makhluk hidup.


I. Tujuan Pembelajaran
·       Siswa dapat menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya perusakan lingkungan.
·       Siswa mampu membuat usulan alternatif pemecahan temuan masalah kerusakan lingkungan
·       Siswa dapat mengenali perilaku manusia yang tidak ramah lingkungan.
·       Siswa dapat menyebutkan contoh bahan-bahan polutan.
·       Siswa dapat menguraikan dampak suatu bahan polutan terhadap kelangsungan hidup makhluk hidup.

II. Materi Pembelajaran
Kegiatan manusia dan masalah lingkungan
§  Perusakan lingkungan
§  Pencemaran lingkungan
# pencemaran udara
# pencemaran air
# Pencemaran tanah
# Pencemaran suara
III. Metode Pembelajaran
          Diskusi kelompok, tanya jawab dan ceramah

IV. Media Pembelajaran
        Papan tulis, charta

V. Langkah-langkah Kegiatan
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
§  Memberikan motivasi dan apersepsi kepada siswa Bolehkah kita membuang sampah sembarangan? mengapa?
§  Menuliskan judul materi
§  Menuliskan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti ( 70 menit )
§  Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok
§  Guru menjelaskan materi
§  Siswa mendiskusikan permasalahan yang sudah diberikan oleh guru
§  Guru memfasilitasi siswa utuk berdiskusi secara kelompok
§  Siswa menjelaskan permasalahan yang diberikan guru
§  Siswa kelompok lain dimintai pendapat dan tanggapannya

3.      Kegiatan Penutup ( 10 menit )
§  Guru membimbing siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
§  Guru memberikan LKS yang harus diisi oleh siswa
§  Guru memberikan tugas kepada setiap siswa untuk membaca dan mempelajari materi selanjutnya
VI. Sumber Belajar
1.      Buku Paket Biologi SMA Kelas X Semester 2, Penerbit : Yudhistira
2.      Buku Paket Biologi SMA Kelas X, Penerbit : Erlangga
3.      Buku Paket Biologi SMA dan MA Kelas X, Penerbit : Esis
4.      buku paket biologi SMA kelas X, penerbit Intan Pariwara

VII. Penilaian
§     Teknik Penilaian   : Individu
§     Bentuk Instrumen             : Soal esay
§           Contoh Instrumen       :  terlampir

  
Contoh Instrumen
1.           Sebutkan Faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan lingkungan!
2.           Sebutkan contoh-contoh bahan polutan yang dapat mencemari lingkungan!
3.           Sebutkan dampak bahan polutan bagi lingkungan!


Kunci jwaban :
1.           Faktor yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan adalah
§  Asap kendaraan bermotor
§  Kebakaran hutan
§  Asap rokok
2.           Contoh bahan polutan
§ Asap
§ Suara
§ Deterjen
§ Limbah
3.           dampak adanya bahan polutan bagi lingkungan adalah lingkungan akan tercemar sehingga akan mengganggu keseimbangan ekosistem, pemanasasan global.



      

Post a Comment for "rpp berkarakter sma biologi kelas x"