belajar usaha, materi smk, game

skripsi pembelajaran biologi dengan flash

BAB I
PENDAHULUAN
 1.1.          Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan sistemastis, yang dilakukan orang-orang yang diserahi tanggung jawab untuk mempengaruhi peserta didik agar mempunyai sifat dan tabiat sesuai dengan cita-cita pendidikan (Achmad Munib, 2004:34). Dengan kata lain, pendidikan mempunyai tujuan agar peserta didik dapat mengembangakan potensi, bakat dan keterampilan yang dimiliki untuk menjalani kehidupannya di masa mendatang. Pemahaman peserta didik akan pendidikan yang disampaikan harus diperhatikan. Maka dari itu penyampaian materi harus dirancang sedemikian rupa agar peserta didik mudah untuk menyerap materi yang disampaikan sehingga prestasi belajar peserta didik akan meningkat. Permasalahan dalam kegiatan belajar menjadi salah satu bagian yang menentukan baik tidaknya prestasi peserta didik / siswa di sekolah. Permasalahan tersebut seperti, tidak adanya alat bantu untuk menunjang pemahaman dalam materi serta simulasi untuk mata pelajaran yang membutuhkan penjelasan dan pemahaman yang baik, sulitnya materi yang disampaikan dan kegiatan belajar mengajar yang kurang menarik sehingga motivasi siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar menjadi berkurang. Untuk itu, peran guru sangat diperlukan untuk dapat memilih metode pembelajaran yang menarik agar siswa termotivasi.
Saat ini, proses kegiatan pembelajaran untuk mata pelajaran biologi di SMA N 2 Bae Kudus pada bab Pencemaran Lingkungan masih menggunakan cara konvensional. Dalam bab tersebut, terdapat materi tentang macam-macam pencemaran dan penyebabnya, perubahan lingkungan, upaya pencegahan pencemaran lingkungan, parameter pencemaran dalam lingkungan serta jenis-jenis limbah dan pemanfaatannya. Dalam menyampaiakan materi tersebut sering kali guru hanya membacakan materi dari buku yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Permasalahannya adalah kurangnya alat bantu dalam penyampaian materi pencemaran lingkungan  serta penyampaian materi yang tidak interaktif sehingga tidak menarik bagi siswa. Apabila guru pengampu kesulitan untuk menjelaskan maka akan berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaiakan. Sedangkan pada kompetensi dasar yang ada dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) siswa dituntut untuk bisa menjelaskan materi tersebut.
Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan diatas adalah dengan menggunakan alat bantu berupa multimedia pembelajaran. Dapat diartikan sebagai penyajian materi dengan menggabungkan beberapa unsur media, seperti teks, gambar, suara, animasi, dan video. Alat bantu media pembelajaran dapat menyampaikan materi serta pembahasan pencemaran lingkungan seperti, macam-macam pencemaran serta perusakan lingkungan, upaya pencegahan, dan parameter pencemaran dalam lingkungan secara menarik dan interaktif. 

1.2.     Rumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang masalah yang dikaji di atas, yang menjadi masalah utama dalam kegiatan belajar mengajar dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.      Pembelajaran mata pelajaran biologi di SMA 2 Bae Kudus untuk bab Pencemaran lingkungan saat ini masih menggunakan cara-cara konvensional sehingga guru kesulitan untuk menjelaskan materi tersebut.
2.      Belum ada alat bantu yang bisa digunakan oleh guru pengampu dalam  menjelaskan materi tentang macam-macam pencemaran serta perusakan lingkungan, upaya pencegahan dan parameter pencemaran dalam lingkungan.


1.3.     Batasan Masalah
Pada laporan tugas akhir ini dibatasi permasalahan yang penting agar tidak menyimpang dari topik, yaitu membuat multimedia pembelajaran materi Pencemaran lingkungan untuk SMA N 2 Bae Kudus pada kelas X semester genap.

1.4.     Tujuan Penelitian
Tujuan dari pembuatan multimedia pembelajaran adalah :
1.      Terwujudnya alat bantu multimedia pembelajaran Pencemaran lingkungan sehingga memudahkan guru untuk menjelaskan materi tersebut.

2.      Untuk memudahkan siswa memahami materi tentang Pencemaran lingkungan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori pendidikan dengan judul skripsi pembelajaran biologi dengan flash . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://saapii.blogspot.com/2013/05/skripsi-pembelajaran-biologi-dengan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: syaiful ridlo - Tuesday, 28 May 2013

Belum ada komentar untuk "skripsi pembelajaran biologi dengan flash "

Post a Comment