belajar usaha, materi smk, game

membuat menubar pada vb


Pada kesempatan ini saya akan membuat menu utama pada program Visual Basic, Seperti design di bawah




Untuk membuat menu pada VB cukup mudah, hanya butuh beberapa menit saja kita sudah bisa membuat sebuah menu utama. Baik langsung kita mulai saja.
• Langkah pertama tambahkan sebuah form baru pada project
• Kemudian pilih menu tools  Menu Editor 
• Muncul jendela Menu Editor



 
1.    Masukkan data berikut:
    Caption : &Master
    Name    : mnmaster
2.    Pilih next untuk pindah ke baris berikut
3.    Karena kita akan membuat sub menu di Master, maka klik tanda panah ke kanan ->





 
Lakukan hal yang sama seperti langkah 1, 2, dan 3 dalam pembuatan sub menu form buku.





 
Untuk mengembalikan ke menu klik tombol tanda panah ke kiri <-
Hasil akhir dari pembuatan menu ini adalah sebagaiberikut:

atau
Pastikan sobat sudah membuka program visual basic 6.0. Kemudian sobat atur panjang dan lebarnya form seperti pada gambar berikut :
Sekarang sobat coba pilih menu “Tools” yang berada di posisi atas, kemudian pilih “Menu Editor”, Seperti pada gambar berikut :
Kemudian akan muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini :

Sobat ketikan sebuah nama pada bagian “Caption”, contoh misalkan beri dengan nama “File”,maksud pada bagian caption adalah sebagai nama untuk menu bar yang akan muncul di posisi atas, kemudian pada bagian “Name” ketikan nama yang sama dengan bagian “Caption”, pada bagian “Name” berfungsi sebagai identitas yang nantinya akan digunakan sebagai script / koding.
Kemudian sobat ikuti seperti pada gambar dibawah ini :
Untuk bagian “Name” gunakan huruf kecil semua agar terlihat berbeda dengan bagian“Caption”, kemudian untuk memberikan titik-titik gunakan tanda panah “Kanan - Kiri”,Setelah itu sobat klik OK, dan lihat hasilnya pada lembar kerja VB-nya, Apakah seperti gambar dibawah ini :

Seperti itulah hasil untuk membuat Menu Bar, Nah sekarang kita berikan script / koding agar dapat berfungsi, biasanya admin membuat Menu Bar hanya untuk nge-Link ke Form yang lain. Sebagai contoh ikuti langkah berikutnya.
Sobat klik pada menu yang sobat inginkan nanti akan secara otomatis pindah ke jendela koding, misalkan admin ingin memberikan script pada sub menu “Open” seperti pada gambar dibawah ini :
  • Secara otomatis akan pindah ke jendela koding, dan sudah terdapat tulisan koding seperti pada gambar berikut :

Nah…Sobat tinggal beri sedikit script / koding untuk nge-Link ke Form yang lain. “Copy-Paste”script dibawah ini dan letakkan diantara script yang ada pada gambar.
Form2.Show
Unload Me

Berhubung Form2 belum ada sobat dapat tambahkan 1 Form lagi dengan cara lihat pada gambar berikut :

Seperti itulah cara membuat Menu Bar, dan seperti juga fungsi Menu Bar yang admin gunakan selama ini, mudah-mudahan sobat dapat kembangkan dari apa yang sudah admin berikan, hanya itulah yang dapat admin jelaskan untuk postingan kali ini, mudah-mudahan dapat dimengerti oleh para pembaca setia Penunjang Belajar.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori visual basic dengan judul membuat menubar pada vb. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://saapii.blogspot.com/2013/06/membuat-menubar-pada-vb.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: syaiful ridlo - Friday, 14 June 2013

Belum ada komentar untuk "membuat menubar pada vb"

Post a Comment