Cara membuat game flash online ala Splode

Cara membuat game flash online ala Sploder! pada dasarnya adalah kelanjutan dari artikel cara membuat game flash (Bagian 1) yang telah saya tulis sebelumnya. Hanya saja pada artikel kali ini dikhususkan pada Sploder yang dikenal dengan slogannya "Where games come true" yaitu tempat dimana membuat game akan terwujud. Kesan simple dan mudah juga merupakan ciri yang pas diberikan pada provider aplikasi satu ini.

Sebelum menjelaskan langkah-langkahnya saya sedikit ingin menjelaskan mengenai pengertian game flash itu sendiri.  Game menurut Clark C. Abt adalah permainan yang ditentukan oleh keputusan pemain yang berusaha mencapai tujuan dengan dibatasi oleh peraturan main tertentu dari sistem dalam aplikasi game tersebut. Sedagnkan menurut Bernard Suits Game adalah tindakan sukarela untuk mengatasi rintangan yang tidak perlu. Dan menurut Greg Costikyan adalah sebentuk karya seni dalam bentuk permainan yangmana pemainnya menentukan keputusan untuk mengelola kemampuan yang dipunyainya melalui software di dalam game guna mencapai tujuan”.

Cara Membuat Game Flash Online ala Sploder!

1.  Langkah paling awal adalah mengunjungi langsung situsnya di http://sploder.com

Cara Membuat Game Flash Sendiri
cara membuat game flash
2.  Setelah membuka situsnya, kamu bisa memilih antara membuat akun atau tidak karena situs tersebut tidak mensyaratkan kamu login terlebih dahulu untuk membuat gamenya. Tapi menurut saya ada baiknya kalau terlebih dahulu mendaftar karena manfaatnya setelah game flash kamu jadi akan lebih mudah dipromosikan pada pengunjung dan user Sploder lainnya.

3.  Setelah terdaftar sebagai user dan login di Sploder, kamu akan melihat beberapa pilihan jenis game flash yang bisa kamu buat, yaitu diantaranya ada 4 macam game : Classic Shooter, Physics Puzzle, Platformer Creator, The Algorithm Crew. Silahkan kamu pilih salah satu dari empat plihan tipe game tersebut untuk mulai membuatnya.

Cara Membuat Game Flash Sederhana

4.  Jika sudah memilih jenis game flash yang akan dibuat tinggal kamu bikin rancangan atau desain gamenya secara langsung di situs tersebut. Misalnya saja kamu mau membuat game flash dalam bentuk teka-teki, maka pilihlah Physics Puzzle karena jenis ini khusus game aplikatif untuk membuat semacam permainan puzzle. Hanya saja pada kesempatan ini saya tidak bisa menjelaskan langkah-langkahnya disebabkan karena panjangnya penjelasan yang harus saya tulis jika seandainya menjelaskan secara detail prosesnya. Selain itu, saya menilai bahwa pembuatan game flash di situs ini tidak terlalu rumit karena disediakan petunjuk-petunjuknya secara jelas.

bagaimana cara membuat game flash pc
5.  Jika dirasa game yang dibuat telah sempurna dan siap dipublikasikan pada orang lain, maka sebaiknya dilakukan test atau overview terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam pembuatannya. Caranya, tinggal klik Test > Test Game.

Dengan demikian, akhirnya kamu sudah berhasil membuat game flash secara online tanpa perlu repot-repot mendownload aplikasi atau software gamenya terlebih dahulu. Karena cukup dengan koneksi internet standar saja sudah bisa diwujudkan.

Post a Comment for "Cara membuat game flash online ala Splode"