belajar usaha, materi smk, game

Tutorial Penggunaan Rational Rose UML

Tutorial Penggunaan Rational Rose
  1. Pendahuluan
Rational Rose merupakan sebuah perangkat pemodelan secara visual  yang memiliki banyak kemampuan (powerful) untuk pembentukan sistem berorientasi obyek yang menggunakan Unified Modeling Language (UML). UML merupakan bahasa pemodelan yang dapat digunakan secara luas dalam pemodelan bisnis, pemodelan perangkat lunak dari semua fase pembentukan dan semua tipe sistem, dan pemodelan secara umum dari berbagai pembentukan / konstruksi yang memiliki dua perilaku yaitu baik statis maupun dinamis.
Tutorial ini akan membahas cara pemakaian Rasional Rose dengan mengambil sebuah kasus untuk mempermudah pemahaman. Namun demikian tutorial ini bersifat sangat sederhana karena pemakaian perangkat lunak ini sangat ditentukan pada system yang akan dibangun dan variasinya. Tutorial ini dapat dianalogkan dengan kursus privat mengendarai mobil. Mobil merupakan sebuah sarana transportasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, dalam kursus privat hanya diajarkan bagaimana cara mengoperasikan, perpindahan gigi, gas, rem, light sign, klakson, dsb. Kemahiran mengendarai ditentukan banyak jam pakai dengan berbagai kasus di jalan dan hal itu tidak diberikan dalam kursus privat tersebut.
Untuk mempermudah dalam memahami penggunaan rasional rose dalam tutorial ini disusun dengan urutan sebagai berikut:
  1. Pendahuluan
  2. Penjelasan istilah yang akan digunakan
  3. Penjelasan bagian-bagian dari rasional rose
  4. Penjelasan cara menggunakan
  5. Studi Kasus

2. Istilah-istilah yang digunakan

Dalam UML, bagian-bagian yang digunakan yaitu: views, diagram, dan elemen model.
a.       View. View menunjukkan perbedaan dari berbagai aspek-aspek suatu sistem yang dimodelkan. View bukan sebuah graph, tetapi sebuah abstraksi yang terdiri dari beberapa diagram. Hanya dengan mendefinisikan sejumlah view, dimana setiap view menunjukkan aspek yang berbeda dan saling terpisah dari sistem, maka gambaran sebuah sistem secara komplit dapat dibentuk. Rational rose memiliki empat view yaitu: Use case View, Logical View, Component View, dan Deployment View.
b.      Diagram. Diagram merupakan graph yang menjelaskan tentang isi dari sebuah view. UML memiliki beberapa tipe diagram yang berbeda yang dapat digunakan untuk mengkombinasi  dalam menyusun semua dari sebuah sistem. Rational Rose 2000, memiliki delapan diagram yaitu: Use case diagram, Sequence diagram, Collaboration diagram, Activity Diagram, Class Diagram, Statechart Diagram, Component Diagram dan Deployment Diagram.
c.       Elemen Model. Konsep-konsep yang digunakan dalam diagram merupakan elemen-elemen model yang menyatakan konsep-konsep berorientasi obyek secara umum , seperti class, object, dan message, serta hubungan antar konsep-konsep tersebut termasuk association, dependency, dan generelization. Sebuah elemen model digunakan dalam beberapa diagram yang berbeda tetapi selalu memiliki simbol dan arti yang sama.



Komponen utama GUI dari Rational Rose® diperlihatkan pada gambar dibawah :
1. Standard toolbar                  6. Spesification
2. Browser                               7. Elemen Model (icon)
3. Diagram window
4. Diagram toolbar

5. Documentation windows
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori materi dengan judul Tutorial Penggunaan Rational Rose UML. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://saapii.blogspot.com/2013/09/tutorial-penggunaan-rational-rose-uml.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: syaiful ridlo - Saturday, 14 September 2013

Belum ada komentar untuk "Tutorial Penggunaan Rational Rose UML"

Post a Comment