belajar usaha, materi smk, game

mendidik kepribadian REMAJA

PERKEMBANGAN kepribadian REMAJA
PENGERTIAN :

Cabang dari psikologi yang mempelajari proses perkembangan individu, baik sebelum maupun setelah kelahiran berikut kematangan perilaku. ( J.P. Chaplin, 1979 ).
Cabang psikologi yang mempelajari perubahan tingkah laku dan kemampuan sepanjang proses perkembangan individu dari mulai masa konsepsi sampai mati. ( Ross Vasta. dkk, 1992 ).
PENGERTIAN :
REMAJA




MASA REMAJA
Adalah usia dimana individu berintelegensi dengan masyarakat dewasa, usia dimana anak tidak lagi merasa di bawah tingkat orang-orang yang lebih tua melainkan berada dalam tingkatan sama, sekurang-kurangnya dalam masalah hak.


CIRI-CIRI MASA REMAJA
Masa Remaja sebagai Periode yang Penting :




Masa Remaja sebagai Periode Peralihan





Masa Remaja sebagai Periode Perubahan
Tingkat perubahan dalam sikap dan perilaku selama masa remaja sejajar dengan tingkat perubahan fisik. Selama masa awal remaja,ketika perubahan fisik terjadi dengan pesat,perubahan perilaku dan sikap juga berlangsung pesat. Kalau perubahan fisik menurun maka perubahan fisik dan perilaku menurun juga.
Ada 4 perubahan yang sama yang hampir bersifat universal
Meningginya emosi yang intensitasnya bergantung pada perubahan tingkat fisik dan psikologis yang terjadi.
Perubahan tubuh,minat dan peran yang diharapkan oleh kelompok sosial untuk dipesankan,menimbulkan masalah baru.
Dengan perubahan minat dan pola perilaku,maka nilai-nilai juga berubah.
Sebagian besar remaja bersifat ambivalen terhadap setiap perubahan.



Masa Remaja sebagai Usia Bermasalah
Setiap periode mempunyai masalahnya sendiri-sendiri,namun masalah masa remaja sering menjadi masalah yang sulit diatasi baik oleh anak laki-laki maupun anak perempuan. Terdapat dua alasan bagi kesulitan tersebut.




Masa Remaja sebagai Masa Mencari Identitas
Sepanjang usia pada akhir masa kanak-kanak,penyesuaian diri dengan standar kelompok adalah jauh lebih penting bagi anak yang lebih besar daripada individualitas. Seperti telah ditunjukan dalam hal berpakaian,berbicara dan perilaku anak yang lebih besar ingin lebih cepat seperti teman-teman gengnya. Tiap penyimpangan dari standar kelompok dapat mengancam keanggotaaannya dalam kelompok.


Masa Remaja sebagai Usia yang Menimbulkan Ketakutan





Masa Remaja sebagai Masa yang Tidak Realistik





Masa Remaja sebagai Ambang Masa Dewasa
Dengan semakin mendekatnya usia kematangan yang sah,para remaja menjadi gelisah untuk meningggalkan stereotip belasan tahun dan untuk memberikan kesan bahwa mereka sudah hampir dewasa. Remaja mulai memusatkan diri pada perilaku yang dihubungkan dengan status dewasa,yaitu
Merokok
Minum minuman keras
Menggunakan obat-obatan dan terlibat dalam perbuatan seks.



Perubahan Fisik Selama Masa Remaja

Seperti pada semua usia,dalam perubahan fisik juga terdapat perbedaan individual. Perbedaan individual juga dipengaruhi oleh kematangan. Anak yang matangnya terlambat cenderung mempunyai bahu yang lebih besar dari pada anak yang matangnya awal.

Perubahan eksternal
Tinggi
Berat
Proporsi tubuh
Organ seks
Ciri-ciri sekunder
Perubahan internal
Sistem pencernaan
Sistem peredaran darah
Sistem pernafasan
Sistem endokrin
Jaringan tubuh



Keprihatinan akan tubuh yang dihadapi remaja merupakan lanjutan dari berbagai keprihatinan diri yang dialami pada masa remaja dan yang pada awal tahun-tahun remaja didasarkan pada kondisi yang berlaku.


KEADAAN EMOSI MASA REMAJA

Pola emosi sama dengan pola masa kanak-kanak. Perbedaan terletak pada rangsangan yang membangkitkan emosi dan derajat.

Anak laki-laki dan perempuan dikatakan sudah mencapai kematangan emosi bila pada akhir remaja tidak “meledakkan” emosinya dihadapan orang lain melainkan menunggu saat yang tepat untuk mengungkapkan emosinya dengan cara-cara yang dapat diterima.
PERUBAHAN SOSIAL
Salah satu tugas dari perkembangan masa remaja yang tersulit adalah yang berhubungan dengan penyesuaian sosial. Remaja harus menyesesuaikan diri dengan lawan jenis dalam hubungan yang sebelumnya belum pernah ada dan harus menyesuaikan dengan orang dewasa di luar lingkungan keluarga dan sekolah.
Kuatnya pengaruh kelompok sebaya
Perubahan dalam perilaku sosial
Pengelompokan sosial baru
Hal yang Mempengaruhi Perubahan Sosial
1. Kuatnya pengaruh kelompok sebaya
2. Perubahan dalam perilaku sosial
3. Pengelompokan sosial baru
4. Nilai baru dalam memilih teman
5. Nilai baru dalam penerimaan sosial
6. Nilai baru dalam memilih pemimpin


MINAT REMAJA
Minat Rekreasi
Selama masa-masa remaja,remaja cenderung menghentikan aktifitas rekreasi yang menuntut banyak pengorbanan tenaga dan berhenti dari perkembangan kesukaan akan rekreasi yang di dalamnya ia akan bertindajk pasif. Pada awal masa remaja,aktifitas permaianan diganti dengan bentuk rekreasi yang lebih matang dan baru.
Beberapa contoh rekreasi:
Permainan dan olahraga
Bersantai
Bepergian



MINAT SOSIAL
Minat yang bersifat sosial bergantung pada kesempatan yang diperoleh remaja untuk mengembangkan minat tersebut dan pada kepopulerannya dalam kelompok.
Beberapa contoh minat sosial:
PestaMinum minuman keras
Obat-obatan terlarang
Menolong orang lain
Percakapan


Minat-minat pribadi
Minat pada diri sendiri merupakan minat yang terkuat di kalangan remaja. Adapun sebabnya adalah bahwa mereka sadar bahwa dukungan sosial sangat besar dipengaruhi oleh penampilan diri dan mengetahui bahwa kelompok sosial menilai dirinya berdasarkan benda-benda yang dimiliki, kemandirian, sekolah ,keanggotaan sosial dan banyaknya uang yang dibelanjakan.


Minat Seks dan Perilaku Seks
Untuk menguasai tugas perkembangan yang penting dalam pemebentukan hubungan-hubungan baru dan yang lebih matang dengan lawan jenis,dan dalam memainkan peran yang tepat dengan seksnya. Karena meningkatnya minat akan seks,remaja selalu berusaha mencari lebih banyak informasi mengenai seks melalui berbagai sumber informasi



Efek Penggolongan Peran-Seks pada Remaja
Pengolonggan peran seks mempengaruhi perilaku dan sikap anak laki-laki maupun perempuan meskipun ada cara yang berbeda. Dari sekian banyak akibat,ada 4 yang bersifat sangat umum.
Perasaan superioritas maskulin
Prasangka seks
Prestasi rendah
Takut berbasil
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori materi / perangkat pembelajaran dengan judul mendidik kepribadian REMAJA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://saapii.blogspot.com/2013/12/mendidik-kepribadian-remaja.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: syaiful ridlo - Tuesday, 24 December 2013

Belum ada komentar untuk "mendidik kepribadian REMAJA"

Post a Comment