belajar usaha, materi smk, game

mengetahui minat dan bakat remaja

Merangkum beberapa buku yang pernah ane baca tentang kepribadian remaja, ciri-ciri kepribadian remaja itu ternyata ada beberapa macam bisa kamu lihat dibawah ini bro :
 
Kepribadian adalah jati diri atau sifat dasar seseorang. Selain faktor bawaan, kepribadian terbentuk melalui interaksi dirinya dengan lingkungannya (keluarga, sekolah, masyarakat) dalam berbagai pengalaman kehidupannya.

Masa remaja adalah tahapan perkembangan antara masa kanak-kanak dan dewasa, yaitu antara umur 13 hingga 18-20 tahun. Pada masa ini terjadi perubahan pesat, baik secara jasmani ataupun fisik maupun mental, emosi, dan sosial.

Perkembangan fisik menyamai orang dewasa, tetapi perkembangan emosi belum dapat mengikuti perkembangan fisik yang pesat itu. Secara fisik, ramaja mempunyai kemampuan sebagai orang orang dewasa. Namun, secara mental, emosional, dan sosial, ia belum mendapatkan hak menggunakan kemampuannya.
Remaja tidak pantas lagi berkelakuan seperti anak-anak, tetapi mereka pun belum memiliki hak dan kesempatan seperti orang dewasa. Hal ini menyebabkan gejolak emosi yang dapat menimbulkan masalah, tidak saja bagi remaja sendiri, tetapi juga bagi orang lain yang menghadapinya. Oleh karena itu, remaja sangat peka terhadapstres, frustasi, dan konflik.

Remaja berjuang mencari identitas dirinya yang menentukan perannya dimasyarakat kelak, yaitu identitas sebagai makhluk sosial (bekerja, bergaul) dan makhluk yang berjenis kelamin (laki-laki dewasa dengan sifat pria dewasa dan perempuan dewasa dengan sifat wanita dewasa, yang saling melengkapi dan membutuhkan).

Beberapa ciri kepribadian remaja adalah sebagai berikut :
1. Ingin tahu dan senang dengan hal-hal yang mengandung bahaya
2. Menentang otoritas kekuasaan
3. Setia kawan dengan kelompok sebaya
4. Perilaku yang tidak setabil dan berubah-ubah
5. Selalu ingin tampil sesuai dengan trend jaman
6. Senang dipuja, disanjung dan menjadi pusat perhatian
7. Setia dan loyal pada kelompok sebayanya.
8. Senang mencoba-coba hal-hal baru yang menantang. 

Sifat-sifat remaja berangsur-angsur akan berkurang sejalan dengan kematangan kepribadiannya. Jika ia berhasil mengatasi konflik, remaja akan menjadi dewasa. Dewasa berati memiliki jati diri yang mantap, emosi yang stabil dan bertanggung jawab. Artinya, kejiwaan sehat, selaras, dan seimbang.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori materi / sikologi dengan judul mengetahui minat dan bakat remaja. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://saapii.blogspot.com/2013/12/mengetahui-minat-dan-bakat-remaja.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: syaiful ridlo - Thursday, 26 December 2013

Belum ada komentar untuk "mengetahui minat dan bakat remaja"

Post a Comment