belajar usaha, materi smk, game

PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN DEWASA

PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN DEWASA
Kepribadian
Koswara (1991) dalam pengertian sehari-hari kepribadian adalah "Bagaimana individu menampilkan dan menimbulkan kesan bagi individu lain".
Maramis (1999)-Kepribadian adalah "Keseluruhan pola pikiran, perasaan, dan perilaku yang sering digunakan oleh seseorang dalam usaha adaptasi yang terus-menerus terhadap hidupnya".


Teori Perkembangan Manusia
Teori Perkembangan Psikoseksual Freud
Teori Perkembangan Psikososial Erikson
Teori Kebutuhan Manusia Maslow
Teori Perkembangan Kognitif Piaget
Teori Perkembangan Moral Kohlberg


I. Teori Perkembangan Psikoseksual Freud
Freud mengembangkan konsep struktur mind di atas dengan mengembangkan ‘mind apparatus’, yaitu yang dikenal dengan struktur kepribadian Freud dan menjadi konstruknya yang terpenting, yaitu id, ego dan super ego.
Id (das es) adalah system kepribadian biologis yang asli, berisikan sesuatu yang telah ada sejak lahir. Id memiliki prinsip kerja yang serba mengejar kenikmatan (pleasure principle) dan cenderung bersifat rasional, primitive, impulsive, dan agresif.
Ego (das ich) adalah aspek psikologis kepribadian yang timbul karena kebutuhan organisme memerlukan transaksi dengan kenyataan obyektif. Ego mengikuti prinsip kenyataan (reality principle) yang bersifat rasional-logis.
Super ego (das ueber ich) adalah aspek-aspek sosiologis kepribadian yang mengintegrasikan nilai-nilai moral dan cita-cita luhur. Ia mencerminkan yang ideal bukan riil, mengejar kesempurnaan dan bukan kenikmatan.
II. Teori Perkembangan Psikososial Erikson
Berdasarkan pada 4 konsep utama:
tahapan perkembangan (8 tahapan)
tujuan dan tugas perkembangan
krisis psikososial
proses koping
III. Teori Kebutuhan Manusia Maslow
Lima (5) kebutuhan dasar Maslow - disusun berdasarkan kebutuhan yang paling penting hingga yang tidak terlalu krusial :
Kebutuhan Fisiologis
Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan
Kebutuhan Sosial
Kebutuhan Penghargaan
Kebutuhan Aktualisasi Diri
IV. Teori Perkembangan
Kognitif Piaget
Kognitif dalam konteks ilmu psikologi sering didefinisikan secara luas mengenai kemampuan berpikir dan mengamati, suatu perilaku yang mengakibatkan seseorang memperoleh pengertian atau yang dibutuhkan untuk menggunakan pengertian.
Piaget membagi skema yang digunakan anak untuk memahami dunianya melalui empat periode utama yang berkorelasi dengan dan semakin canggih seiring pertambahan usia:
1. Periode sensorimotor (usia 0–2 tahun)
2. Periode praoperasional (usia 2–7 tahun)
3. Periode operasional konkrit (usia 7–11 tahun)
4. Periode operasional formal (usia 11 tahun sampai dewasa)
V. Teori Perkembangan
Moral Kohlberg
Tingkat premoral (prekonvensional) : lahir sampai 9 tahun
Tingkat moralitas konvensional : 9-13 tahun
Tingkat moralitas pasca konvensional : 13 tahun sampai meninggal
Pengertian Masa Dewasa
Ø Istilah adult berasal dari kata kerja Latin, seperti juga istilah adolescene – adolescere – yang berarti “tumbuh menjadi kedewasaan”.
Ø Akan tetapi, kata adult berasal dari bentuk lampau partisipel dari kata kerjaadultus yang berarti “telah tumbuh mnjadi kekuatan dan ukuran yang sempurna” atau “telah menjadi dewasa”.


Ø Oleh karena itu,orang dewasa adalah individu yang telah menyelesaikan pertumbuhanya dan siap menerima kedudukan dalam masyarakat bersama dengan orang dewasa lainnya.
Ø Setiap kebudayaan membuat pembedaan usia kapan seseorang mencapai status dewasa secara resmi.


Ciri-ciri Masa Dewasa Dini
Masa dewasa dini sebagai “masa pengaturan”
Masa Dewasa Dini sebagai “Usia Produktif”
Masa Dewasa Dini sebagai “Masa Bermasalah”
Masa Dewasa Dini sebagai Masa Ketegangan Emosional
Masa Dewasa Dini sebagai Masa Keterasingan Sosial
Masa Dewasa Dini sebagai Masa Komitmen
Masa Dewasa Dini Sing Merupakan Masa Ketergantungan
Masa Dewasa Dini sebagai Masa Perubahan Nilai
Masa Dewasa Dini Sebagai Masa Penyesuaian Diri Dengan CaraHidup Baru
Masa Dewasa Dini sebagai Masa Kreatif


Perkembangan Masa Dewasa Berdasarkan Teori Perkembangan Manusia
I. Perkembangan Erikson ( Psikososial )
ü dewasa muda, membangun komitmen sehingga timbulah
ü keintimanapabila tidak mampu membangun komitmen anak akan mengalami isolasi
ü perilaku positif: menunjukan kemampuan untuk komitmen terhadap diri sendiri dan orang lain,
ü memiliki kemampuan untu mencintai dan bekerja
II. Perkembangan Freud
— Tahapan genital dimana dalam tahap ini mencoba mencari posisi atau mencari jabatanya dan menunjukkan kemandiriannya.
III. Perkembangan Kohlberg
— Perkembangan moral tingkat pasca konvensional.


Tugas Perkembangan Masa Dewasa Dini
Tugas-tugas perkembangan masa dewasa dini dipusatkan pada harapan-harapan masyarakat dan mencakup mendapatkan suatu pekerjaan, memilih seorang teman hidup, belajar hidup bersama dengan suami atau istri membentuk suatu keluarga,membesarkan anak-anak,mengelola sebuah rumah tangga,menerima tanggung jawab sebagai warga Negara dan bergabung dalam suatu kelompok sosial yang cocok.
Bantuan untuk Menguasai Tugas-tugas Perkembangan
Efisiensi Fisik
Kemapuan Motorik
Kemampuan Mental
Motivasi
Model peran


Hambatan dalam Penguasaan Tugas Perkembangan
Dasar yang Kurang Memadai
Hambatan Fisik
Latihan yang Tidak Runtut
Perlindungan yang Berlebihan
Pengaruh Kelompok Teman Sebaya
Aspirasi yang Tidak Realistik
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori materi dengan judul PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN DEWASA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://saapii.blogspot.com/2013/12/perkembangan-kepribadian-dewasa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: syaiful ridlo - Wednesday, 25 December 2013

Belum ada komentar untuk "PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN DEWASA"

Post a Comment