belajar usaha, materi smk, game

melatih intonasi

Seandainya pada dialog yang kita ucapkan, kita tidak menggunakan intonasi, maka akan terasa monoton, datar dan membosankan. Yang dimaksud intonasi di sini adalah tekanan‑tekanan yang diberikan pada kata, bagian kata atau dialog. Dalam tatanan intonasi, terdapat tiga macam, yaitu :

Tekanan Dinamik (keras‑lemah)
Ucapkanlah dialog pada naskah dengan melakukan penekanan‑penekanan pada setiap kata yang memerlukan penekanan. Misainya saya pada kalimat "Saya membeli pensil ini" Perhatikan bahwa setiap tekanan memiliki arti yang berbeda.
  • - SAYA membeli pensil ini. (Saya, bukan orang lain)
  • - Saya MEMBELI pensil ini. (Membeli, bukan, menjual)
  • - Saya membeli PENSIL ini. (Pensil, bukan buku tulis)
Tekanan.Nada (tinggi)
Cobalah mengucapkan kalimat/dialog dengan memakai nada/aksen, artinya tidak mengucapkan seperti biasanya. Yang dimaksud di sini adalah membaca/mengucapkan dialog dengan Suara yang naik turun dan berubah‑ubah. Jadi yang dimaksud dengan tekanan nada ialah tekanan tentang tinggi rendahnya suatu kata.

Tekanan Tempo
Tekanan tempo adalah memperlambat atau mempercepat pengucapan. Tekanan ini sering dipergunakan untuk lebih mempertegas apa yang kita maksudkan. Untuk latihannya cobalah membaca naskah dengan tempo yang berbeda‑beda. Lambat atau cepat silih berganti.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul melatih intonasi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://saapii.blogspot.com/2014/01/melatih-intonasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: syaiful ridlo - Friday, 3 January 2014

Belum ada komentar untuk "melatih intonasi"

Post a Comment