belajar usaha, materi smk, game

merawat kulkas dengan 11 cara

merawat kulkas dengan 11 cara
Barang barang elektronik di jaman modern saat ini sudah banyak komponennya. Seperti halnya Kulkas atau lemari Es.

Harganya pun lumayan mahal. Sayang kalau sudah beli baru tapi perawatannya tidak terjaga maka kulkas akan cepat rusak.

Cara merawat kulkas, sebetulnya sederhana dan bisa dilakukan sendiri dengan mudah bahkan dengan perawatan yang baik bisa menghemat listrik.

Berikut ini tips merawat kulkas diambil dari Hometekno dengan penulisnya Feriawan Hidayat/FER

Pertama. Isilah kulkas dengan secukupnya. Jangan terlalu banyak barang yang dimasukan, apalagi barang yang memiliki bobot berat seperti botol-botol.

Kedua. Hindari menyimpan air minum yang masih panas di dalam kulas. Tunggulah sampai agak dingin.

Ketiga. Bersihkan kulkas menggunakan air yang hangat dengan dicampur sabun cuci piring. Gunakan bahan yang lembut seperti spons untuk melapnya.

Keempat. Biasakan pintu kulkas dalam keadaan tertutup rapat supaya hemat listrik.

Kelima. Jauhkan kulkas dari sumber panas seperti kompor.

Keenam. Gunakan jarak atau ruang antara kulkas dengan dinding atau tembok. Jaraknya minimal 15-20 cm.

Ketujuh. Bersihkan kondensor yang posisinya ada di belakang kulkas dengan teratur dari debu dan kotoran, supaya proses pelepasan panasnya bagus.

Kedelapan. Biasakan sesekali membersihkan bagian freezer, dengan melelehkan bunga es. Hal ini dilakukan supaya suhu kulkas terjaga. Jangan mengikis es di freezer dengan pisau karena dapat merusak bagian pelapisnya.

Sembilan. Aturlah suhu kulkas menurut kebutuhan. Hindari pengaturan suhu terlalu rendah, karena semakin rendah suhu, listrik semakin boros.

Sepuluh. Jika terjadi pemadaman listrik. Jangan terlalu sering membuka kulkas. Bila aliran listrik meyala kembali, biarkan dahulu 5 menit, baru dinyalakan. Hal ini untuk membiarkan kompresor benar-benar di-reset ke posisi awal, sebelum berjalan normal lagi.

Sebelas. Hal penting dari kulkas yaitu kompresor yang digerakkan oleh energi listrik. Kalau tidak digunakan atau diisi dengan bahan-bahan makanan, lebih baik dimatikan. Jika tidak digunakan dalam waktu lama, bisa merusak kompresor.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori teknologi dengan judul merawat kulkas dengan 11 cara. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://saapii.blogspot.com/2014/08/merawat-kulkas-dengan-11-cara.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: syaiful ridlo - Saturday, 16 August 2014

Belum ada komentar untuk "merawat kulkas dengan 11 cara"

Post a Comment