contoh Proposal Sablon Kreatif



contoh Proposal Sablon Kreatif



SABLON CREATIVE
MENGUBAH DUNIA LEBIH BERWARNA


I. Pendahuluan
1.1.Latar Belakang dan Motivasi Melakukan Usaha
1.1.1. Latar Belakang
Pesatnya perkembangan dunia fashion terutama yang sedang melanda anak muda di daerah Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen menyebabkan kebutuhan akan ketersediaan fashion semakin meningkat. Ini bisa dilihat dengan begitu maraknya pusat perbelanjaan yang menjual dan mengiklankan bermacam-macam gaya fashion. Juga tidak ketinggalan toko-toko disepanjang jalan yang memajang display gaya-gaya fashion yang variatif.
Gaya fashion yang bervariatif menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat. Masyarakat menyadari akan kebutuhan fashion yang lebih dari sekedar berpakaian, tapi juga bergaya dan trendi. Karena pakaian adalah salah satu mesin komunikasi (Umberto Eco, 1976) atau sarana komunikasi dalam masyarakat, maka masyarakat sadar atau tidak sadar bisa menilai kepribadian seseorang dari apa yang di pakainya. Menurut Desmond Morris, dalam Man watching: A field guide to human behavior (1977): ”pakaian juga menampilkan peran sebagai pajangan budaya ( cultural display )’ . yang di dalamnya membawa suatu pesan dan gaya hidup suatu masyarakat atau komunitas tertentu. Lebih spesifiknya pakaian merupakan ekspresi identitas pribadi. Hal ini membuat peluang diusaha sablon semakin meningkat.
Dengan adanya teknologi baru dalam dunia sablon yang berupa digital printing semakin mempermudah dan memperindah hasil sablonan. Hasil sablon digital printing terlihat lebih halus dan lebih rapih dibanding dengan hasil sablonan yang konvensional.
Bisnis ini tergolong bisnis yang hanya bisa ditangani oleh orang-orang profesional sehingga jarang tiruan bisnis seni seperti ini. Hal ini menjadikan pesaing bisnis masih sangat sedikit sedangkan peluang usaha sangat besar.Melihat peluang itu dan melihat potensi yang dimiliki kami para mahasiswa dan Kru Sablon Creative menjadikan kami menggagas dan menekuni bisnis ini lebih lanjut.


1.1.2. Motivasi Melakukan Usaha


Motivasi dari calon tim pelaksana dan mahasiswa peserta antara lain :
a. Menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) dan melatih kemandirian dengan membuka usaha sendiri.
b. Menjadi manusia kreatif, inovatif dan bermanfaat mulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar.
d. Menciptakan lapangan pekerjaan (job creator) yang baru.


1.2. Justifikasi Pemilihan Obyek Usaha
Sampai saat ini masih jarang konveksi yang menggunakan digital printing di kota kebumen. Usaha ini pun bisa dikembangkan diberbagai segmen, mulai dari masuk ke dunia sekolahan biasa SMP, SMA, dan skolah tinggi. Kemudian bisa masuk dalam bidang politik berupa kaos partai atau kaos kampanye serta kelompok pecinta musik.Dalam pemilihan lokasi usaha kami akan memilih tempat di Gombong karena Gombong merupakan tempat yang padat penghuninya serta memiliki tempat wisata yang cukup terkenal dan banyak anak muda yang ingin tampil modis.
1.3. Tujuan usaha yang hendak dicapai
Tujuan sablon creatif yang hendak dicapai adalah:
a. Menumbuhkembangkan jiwa wirausaha mahasiswa dalam kaitannya menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melalui berfikir kreatif dan inovatif.
b. Menciptakan lapangan pekerjaan (job creator).
c. Membuat usaha yang menguntungkan dan berkelanjutan.








II. ANALISIS PRODUK
2.1.Jenis, Nama dan Karakteristik Produk
Jenis produk yang ditawarkan adalah jasa sablon kaos dan seragam sekolah. Jasa sablon cretif yang kami tawarkan memiliki kreatifitas tinggi. Menggunakan alat modern yaitu sablon digital sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih halus dan memiiki resolusi yang lebih tinggi dibanding sablon yang menggunakan metode konvensional. Beberapa hal orderan yang kami terima:
1. Sablon drems t-shirt
2. Sablon advice
3. Sablon kaos kampanye
4. Sablon couple
5. Sablon education


2.2.Keunggulan Produk Sablon Creative Dibanding Produk Lain di Pasaran


2.2.1. Segi Peralatan yang digunakan
Peralatan yang kami gunakan tidak hanya menggunakan alat sablon konvensional namun kami menggunakan peralatan yang modern yaitu digital printing. Hal ini yang membuat perbedaan dengan sablon lainnya. Dengan alat ini dapat menghasilkan sablon yang lebih bagus dan dalam hal produksi lebih cepat dan murah dibandingkan dengan sablon biasa


2.2.2. Segi hasil sablon
Dikarenakan menggunkan peralatan yang modern sehingga hasilnya akan lebih bagus dari pada yang menggunakan alat biasa. Hasilnya akan lebih halus dan lebih cerah.


2.2.3. Segi Value
Disamping menjual jasa sablon sebagai produknya, kami juga memiliki keunggulan dari segi pelayanan atau servise yang ramah sehingga konsumen tidak hanya puas dengan produk jasa kami tetapi juga puas dengan pelayanannya. Selain itu kami juga memiliki keunggulan dalam hal ketepatan waktu.






2.3.Keterkaitan dengan Produk Lain Termasuk Perolehan Bahan Baku
2.3.1. Dalam menyediakan produknya, Jasa sablon Kreatif membutuhkan bahan baku dan barang-barang antara lain:
a. Komputer
b. Printer
b. Heat press
c. Kertas transfer
d. Tinta sublime
e. Kaos kosong
produk produk diatas akan kami peroleh dari toko di sekitar Kebumen.


2.3.2. Identifikasi sumber tempat membeli barang-barang tersebut
a. Toko Creativ jalan Yos Sudarso No 132, Gombong
b. Toko Utama Jl. Jendral Sudirman, Purwokwerto


III. ANALISIS PASAR
3.1. Profil Konsumen
Sasaran konsumen yang dituju adalah civitas sekolahan sekolahan SMP dan SMA, perkumpulan pecinta musik, partai politik, wisatawan, karyawan.
3.2. Potensi dan Segmentasi Pasar
3.2.1. Potensi Pasar
a. Sekolahan SMP dan SMA yang ada di sekitar kabupaten kebumen dan sekitarnya.
b. Gaya anak muda yang ingin tampil modis dan fasionable terutama dalam hal berpakaian menjadikan peluang usaha ini semakin luas.
c. Pesta demokrasi yang sering menggunakan sablon dalam pengguaan kaos kampanye.
d. Seragam karyawan toko dan institusi pemerintah di sekitar kabupaten Kebumen.
e. Event-event spesial seperti hari-hari besar nasional.




3.2.2.Segmentasi Pasar
Produk seni sebenarnya dapat masuk kedalam berbagai segmen, namun segmen utama dari usaha ini adalah anak muda yang ingin tampil modis.


3.3. Pesaing dan Peluang Pasar
3.3.1. Pesaing
Bisa dikatakan pesaing dari bisnis ini belum begitu banyak dikarenakan yang bisa menggunakan digital printing belum begitu banyak. Sehingga peluang usaha ini sangat prospek.
3.3.2. Peluang Pasar
Melihat hasil analisis pesaing serta potensi permintaan pasar yang cukup besar, kewirausahaan ini masih memiliki peluang yang cukup besar.
3.4. Media Promosi yang akan digunakan
Media-media promosi yang akan digunakan melalui:
a. Brosur
Membuat brosur yang berisi berisi tentang beberapa contoh kaos yang sudah disablon.
b. Buletin dan Majalah
Kerjasama dengan buletin kampus untuk mempromosikan.
c. Seminar atau Event
Bekerjasama atau menjadi sponsor suatu kegiatan seperti; Seminar, Talkshow, Diskusi dan juga ikut serta dalam pameran.
d. Manusia
Menggunakan teknik word of mouth (mulut ke mulut), pemberitahuan dari teman ke teman yang lain mengenai usaha yang dijalankannya.
e. internet
menggunakan media internet seperti: blog, dan social network.






3.5. Target atau Rencana Penjualan Satu Tahun
Adapun target kami menjadikan beberapa tahap pencapaian setelah melihat segmen yang kami bidik:

Bulan
Jumlah Target
Penghasilan kotor
Penghasilan bersih

1
50 buah kaos
2.000.000
750.000

2
60 buah kaos
2.400.000
900.000

3
80 buah kaos
3.200.000
1.200.000

4
100 buah kaos
4.000.000
1.500.000

5
120 buah kaos
4.800.000
1.800.000

6
150 buah kaos
6.000.000
2.250.000

7
180 buah kaos
7.200.000
2.700.000

8
210 buah kaos
8.400.000
3.150.000

9
250 buah kaos
10.000.000
3.750.000

10
290 buah kaos
11.600.000
4.350.000

11
330 buah kaos
13.200.000
4.950.000

12
370 buah kaos
14.800.000
5.550.000

TOTAL PENGHASILAN
87.600.000
32.850.000



3.6. Strategi pemasaran yang akan diterapkan
Adapun strategi yang ingin diterapkan dengan menggunakan konsep Michael Porter, yaitu:
a. Diferensiasi
Kami mencoba meghadirkan bisnis sablon yang berbeda dengan sablon lainnya dengan menggunakan digital printing hasil akan lebih bagus,halus,indah,cepat,dan prktis penggunaannya.
b. Tempat
Memilih daerah pemasaran yang strategis yaitu daerah sekitar pasar gombong.
c. Strategi pemasaran
dengan langsung melobi ke kepala sekolah sehingga sosialisasi akan lebih mengena.
d. Srategi Biaya
Dalam rangka memperkenalkan produk awal kami akan melakukan promo murah. Diharapkan promo murah ini akan membentuk pemasaran dari mulut kemulut sehingga masyarakan akan lebih mengetahui produk jasa kita.


IV. ANALISIS PRODUKSI DAN OPERASI
4.1. Bahan Baku, Bahan Penolong dan Peralatan yang Digunakan
a. Print sublime
b. Heat press
c. Kertas transfer (kertas sublime)
d. Tinta sublime
e. Kaos kosong
4.2. Pasokan Bahan Baku
Proses produksinya kami bekerja sama dengan pihak lain untuk pembelian cat di toko
a. Toko Creativ jalan Yos Sudarso No 132, Gombong
b. Toko Utama Jl. Jendral Sudirman, Purwokerto
4.3.Proses Produksi atau Operasi
a. Rencana persiapan pelaksanaan
Rencana pelaksanaan yaitu membuat proposal kepada sekolahan-sekolahan yang dituju. Disertakan beberapa contoh sablon yang sudah jadi.
b. Persiapan tempat
kami akan menetap ditempat yang setrategis dan mudah dijangkau oleh orang-orang gombong yaitu di sekitar rumah sakit Purbowangi, Gombong.
c. Pembentukan tim kerja
Tim kerja mencakup ketua, anggota kelompok, bagian produksi, dan bagian pemasaran produk. Ketua dan anggota kelompok bertindak dalam menyusun manajemen dan mekanisme penjualan produk. Bagian pemasaran produk adalah orang yang bertindak memasarkan produk. Bagian pemasaran produk didapat dari hasil seleksi yang akan dilakukan oleh tim kerja dengan tujuan memberikan lapangan pekerjaan yang baru.
Setelah dilakukan seleksi bagian pemasaran produk diberikan pelatihan dalam hal penyambutan tamu dan tata cara menerima tamu. Dalam melakukan aktivitasnya bagian pemasaran menggunakan seragam yang telah ditentukan dan akan mendapatkan pendampingan kurang lebih 1 bulan. Bagian produksi adalah orang yang bertindak dalam menghasilkan produk. Bagian produksi juga didapat dari hasil seleksi dan akan diberikan pelatihan tata cara menyablon.


d. Produksi
Proses penyablonan dilakukan dalam berbagai tahap mulai dari desain gambar, pengeprinan, pencetakan gambar di baju, sampai dengan tahap pengeringan.
e. Promosi
Promosi awal dilakukan langsung masuk ke sekolah - sekolahan oleh bagian pemasaran sedangkan tim manajemen tetap berada dikantor untuk menunggu pelanggan.
f. Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat proses penyablonan selesai, dan evaluasi menyeluruh dilakukan setiap 1 bulan sekali. Evaluasi ini berupa hal-hal teknis yang masih kurang atau perlu diperbaiki lagi, dan evaluasi pelayanan pada pelanggan.




4.4.Rencana Produksi Selama 1 Tahun

Jenis Aktivitas Produksi
Triwulan

I
II
III
IV

Pengadaan peralatan dan bahan baku









Promosi









Memperluas pasar









Melobi ke setiap sekolahan SMP dan SMA









Proses









Evaluasi















V. ANALISIS KEUANGAN
5.1. Investasi yang diperlukan (Kebutuhan Modal disertai perhitungannya)
Proyeksi investasi yang diperlukan dalam pendirian sablon cretive adalah sebesar Rp.7.500.000,00 (Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) yang bersumber dari Diknas Jawa Tengah, dan Rp 1.500.000,00 (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) yang bersumber dari subsidi STIKes. Jadi total investasi sebesar Rp 9.000.000,00 (sembilan juta rupiah).
5.1.1. Proyeksi Investasi Yang Diperlukan Dalam Satu Tahun

No
Investasi yang Diperlukan
Jumlah
Harga satuan
Total biaya

1.
2.
3.
4.
5.
Printer sublime
Transfer paper
Mesin heat press
Pembelian Tinta sublime awal
Kaos kosong
1
200
1
30 ml
125
Rp 1.000.000
Rp 250
Rp 3.500.000
Rp 450.000
Rp 20.000
Rp 1.000.000
Rp 50.000
Rp 3.500.000
Rp 450.000
Rp 2.500.000

Total Investasi yang Diperlukan
Rp. 7.500.000,00



5.2.Penentuan Harga Pokok Penjualan (HPP) Jasa Sablon Creative dan Daftar Harga Jual Produk

Biaya Produk
Jumlah
Satuan
Total

Kaos kosong
100
Rp 20.000,00
Rp 2.000.000,00

Tinta sublime
1 set
Rp 450.000,00
Rp 450.000,00

Kertas transfer
200
Rp 250,00
Rp 50.000,00

Total biaya per 100 kaos
Rp 2.500.000,00

Total biaya per kaos
Rp 25.000,00








No.
Produk
Biya produksi /kaos
Harga jual satuan
Keuntungan satuan

1.
Kaos
25.000
40.000
Rp 15.000,00



5.3. Rencana awal dan Neraca Akhir Tahun
5.3.1 Rencana Neraca Awal
5.3.1.1. Jasa Cat Kreativ Proyeksi Neraca Awal Tahun

Aktiva
Passiva

Aktiva Tetap
Printer sublime Rp 1.000.000,00
Transfer paper Rp 50.000,00
Mesin heat press Rp 3.500.000,00
Pembelian awal Tinta sublime Rp 450.000,00
Kaos kosong Rp 2.500.000,00


Modal
Diknas Jateng Rp. 7.500.000,00



Jumlah Rp. 7.500.000,00
Jumlah Rp. 7.500.000,00



5.3.1.2. Jasa Cat Kreative Proyeksi Laporan Perubahan Modal Akhir Tahun

Keterangan
Jumlah (Rp)

Modal Awal


Laba Bersih
Rp. 7.500.000,00


Rp. 32.850.000,00

Perubahan Modal Rp. 40.350.000,00







5.3.2 Rencana Neraca Akhir Tahun Jasa Cat Kreativ

Aktiva
Passiva

Aktiva Lancar
Biaya Gaji 3@1.500.000x12 Rp 12.600.000,00
Biaya karyawan 2@800.000x12 Rp 9.600.000,00
Biaya Promosi Rp 2.000.000,00
Kas Rp 8.650.000,00
Aktiva Tetap
Printer Sublime Rp 1.000.000,00
Transfer paper Rp 50.000,00
Mesin heat press Rp 3.500.000,00
Tinta sublime Rp 450.000,00
Kaos kosong Rp 2.500.000,00
Modal
Modal Usaha Rp. 40.350.000,00

Jumlah Rp. 40.350.000,00
Jumlah Passiva Rp. 40.350.000,00



5.4.Rencana Laporan Laba atau Rugi
5.4.1. Jasa Sablon Creatif Proyeksi Pendapatan Satu Tahun

No
Produk
Frek /Tahun
Pendapatan bersih /item
Jumlah

1


Kaos
2150
Rp 15.000,00
Rp 32.850.000,00

Total


Rp 32.850.000,00





5.4.2. Sablon Creative Rencana Laporan Laba rugi Akhir tahun

No
Keterangan
Jumlah

1
3
Pendapatan
Biaya-biaya
Biaya Gaji (3 orangxRp. 1500.000)(12 Bulan)
Biaya pembantu 2 @800.000x12
Biaya Promosi
Rp 32.850.000


Rp 12.600.000
Rp 9.600.000,00
Rp 2.000.000,00



Laba Bersih
Rp 8.650.000,00

Post a Comment for " contoh Proposal Sablon Kreatif"