rpp KOMPETENSI KEJURUAN ADM. PERKANTORAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN
Mata
Pelajaran : KOMPETENSI KEJURUAN ADM. PERKANTORAN
Kelas/semester : X / 1
Pertemuan : 1, 2, 3
Alokasi Waktu : @ 2 X 45 menit
Standar
Kompetensi : Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
Kompetensi
Dasar : Mendeskripsikan
aplikasi perangkat lunak
I. Indikator :
1. Fungsi software pengolah kata dijelaskan
dengan benar
2.
Software pengolah kata dijalankan melalui perintah yang terdapat
pada start menu, shortcut atau icon
II. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan fungsi software pengolah kata dengan benar
- Siswa dapat menjalankan perintah-perintah software pengolah kata melalui start menu,shortcut atau icon
III. Materi Ajar
- Pengenalan
software aplikasi dan menu-menu software pengolah kata
- Membuat,
membuka dan menyimpan file document
- Pengolahan
dan pengelolaan file document
- Pengaturan
File Document
IV. Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya Jawab
- Praktek
V. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan awal
Guru
menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang software pengolah kata
kemudian menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang
harus dikuasai
2.
Kegiatan Inti
Pertemuan
1:
a.
Menjelaskan fungsi software pengolah kata
b.
Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup
software pengolah kata sesuai dengan SOP
c.
Mengoperasikan melalui menu, shortcut,atau icon pada
berbagai software pengolah kata
Pertemuan
2 :
a.
Membuat File dokumen baru
b.
Menjelaskan langkah-langkah membuka dokumen
c.
Menjelaskan cara dan langkah-langkah menyimpan file
dokumen sesuai dengan prosedur
d.
Menjelaskan langkah-langkah menyimpan file dengan nama
lain dengan berbagai format penyimpanan
Pertemuan
3 :
a.
Menjelaskan langkah-langkah pengelolaan file dokumen
b.
Menjelaskan langkah-langkah pengaturan naskah
3.
Kegiatan akhir
a.
Guru melakukan penilaian atas pekerjaan siswa
b.
Guru menyimpulkan hasil yang telah dicapai oleh siswa
VI. Alat/bahan/sumber
belajar
- Buku Panduan mengoperasikan software pengolah kata
- Modul KKPI SMK karangan Drs. Mardi, Penerbit : Yudhistira
- Modul KKPI Dikmenjur
- Handout
- Komputer
- Printer
- Software Pengolah kata
VII. Penilaian
1.
Tes Tertulis (soal terlampir) pada pertemuan I saja
Penilaian
: Masing-masing skor mendapat nilai 2
Jumlah
soal 5 butir
Total
nilai 5 x 2 = 10
2.
Tes Praktek (terlampir)
Penilaian
dilakukan melalui proses dan hasil dengan skor maksimal 100
Siswa
dinyatakan kompeten jika hasil akhir test praktek mendapat nilai ≥ 70
3.
Tugas (mengerjakan kembali soal yang sudah dikerjakan
di sekolah sebagai tambahan pengayaan atas siswa yang sudah kompeten dan
sebagai remidi untuk siswa yang belum kompeten) Hasilnya disimpan di flasdisk
atau CD dan dibawa sekolah setiap minggunya, dan sebagai pembuktian jika tugas
tersebut dilakukan sendiri maka siswa akan dicek ulang dengan tugas yang sama
tetapi dikerjakan di sekolah dengan pengawasan guru bidang studi setiap
bulannya sebagai rekapitulasi.
, Juli 2012
Mengetahui,
a.n. Kepala SMK 1
Wakasek Bid.Kurikulum Guru
Mapel
Soal Teori :
1.
Apa kegunaan dari program Microsoft Word?
2.
Sebutkan langkah-langkah membuka program Microsoft
Word?
3.
Sebutkan langkah-langkah membuka file dengan Microsoft
Word?
4.
Sebutkan langkah-langkah menutup program Microsoft
Word?
5.
Apa yang dimaksud dengan Icon ?
Jawaban :
1.
Kegunaan dari program Ms Word adalah untuk mengolah
data aplikasi berupa kata-kata atau kalimat yang membentuk satu informasi yang
bisa digunakan untuk orang lain, misal : surat menyurat, naskah berkolom dan
sebagainya
2.
Membuka program Ms. Word : Double klik icon Ms Word
dari desktop atau klik Start, Program, klik Microsoft Word
3.
Lamngkah-langkah membuka file Microsoft Word : Klik
File, Open, Klik nama file yang dimaksud dengan mencarinya di folder
masing-masing, Klik Open
4.
Langkah-langkah menutup Program Microsoft Word : Klik
File, Exit atau Close di pojok toolbar
5.
Icon adalah symbol atau lambing yang mewakili suatu
aplikasi tertentu