Hal ini Dapat Mengisi Waktu Luang Anda

Gunanya adalah agar tidak mempersulit sesuatu yang anda kerjakan, lalu bagaimana caranya, Mungkin 10 Hal ini Dapat Mengisi Waktu Luang Anda.


1. Belajar dan Menambah Keahlian




Tidak dapat dipungkiri bahwa yang namanya belajar adalah salah satu cara paling produktif untuk menghabiskan waktu personal Anda. Di dunia ini ada banyak sekali hal yang dapat dipelajari dan sama seperti belajar bahasa baru, Internet telah membuka banyak "pintu" untuk hal tersebut. Contoh-contohnya adalah belajar pemograman, desain, menjahit, menulis novel, bisnis, bermain alat musik, dan banyak lainnya. Ingatlah bahwa semua hal yang Anda pelajari dapat menjadi keahlian Anda dalam berkarir dan mungkin saja Anda akan menemukan passion Anda lainnya.

2. Bersih-Bersih



Pekerjaan terasa membosankan, beristirahatlah dari beban stres pekerjaan tersebut dengan merapikan atau membersihkan meja kerja Anda, jika sudah bersih bagaimana dengan file-file komputer Anda? Anda akan terkejut melihat bagaimana lingkungan yang rapi dapat membantu Anda lebih produktif dalam beraktivitas.


Lalu bagaimana jika Anda sedang memiliki waktu luang di rumah? Tentunya Anda tidak perlu melelahkan diri Anda sendiri dengan membersihkan seluruh rumah Anda, namun secara sedikit-sedikit merapikan dan membersihkan rumah Anda hanya setiap Anda memiliki waktu luang.


3. "Imparare una nuova lingua"



Ya, Kalau di bahasa Italia: "Imparare una nuova lingua," sedangkan jika di bahasa yang lebih popular kita ini: "Belajar bahasa baru." Ide dari belajar memang telah disebutkan di atas, tapi terkadang ide belajar bahasa baru tidak pernah terlintas di benak orang-orang. Sekarang ini belajar bahasa baru tidaklah semahal dan menyusahkan sebagaimana yang kita bayangkan. Dengan keberadaan Internet, berbagai situs web dapat menjadi sumber berharga untuk membantu Anda belajar bahasa baru dengan cepat dan gratis. Bahkan sekarang ini sudah banyak aplikasi smartphone yang juga menyediakan sarana ini, jadi Anda juga bisa belajar tanpa perlu berada di depan kompter.


Contoh yang paling sederhana adalah situs web Duolingo, di sana Anda bisa menghabiskan waktu Anda dalam cara yang produktif dengan mempelajari berbagai bahasa ternama Dunia secara gratis, dimulai dari Bahasa Italia hingga Bahasa Belanda. Sumber lainnya yang tidak kalah popular adalah Memrise.


4. Olahraga



Sebagaimana sakit adalah salah satu hal terburuk yang dapat terjadi ke diri Anda, sangatlah penting untuk menjaga tubuh Anda dalam keadaan yang selalu fit. Alasan lainnya mengapa olahraga adalah hal yang sangat produktif adalah karena tidak hanya Anda menghabiskan waktu luang Anda untuk menjaga kondisi tubuh, Anda juga akan terlihat lebih atraktif dan percaya diri. Olahraga sendiri tidak berarti Anda harus ke gym, Anda juga bisa melakukannya secara sederhana dengan jogging, bermain basket, atau berenang.


Jika ini menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan waktu pribadi Anda, pertimbangkanlah untuk membeli 1-2 alat olahraga untuk diletakkan di rumah daripada Anda setiap bulannya menghabiskan uang untuk pergi ke gym.


5. Mencari Jawaban atas Kehidupan



Mungkin terdengar seperti bercanda, tapi percayalah bahwa ini adalah salah satu cara produktif menggunakan waktu luang Anda jika Anda sedang malas melakukan hal-hal lainnya. Yang dimaksud dengan jawaban atas kehidupan di sini adalah kehidupan Anda. Seperti contohnya melakukan introspeksi diri, memikirkan apa yang ingin Anda lakukan 1-2 tahun ke depan, memikirkan impian Anda, memikirkan ide bisnis, dan banyak sekali hal lainnya. Tidak hanya dengan bengong, Anda juga bisa melakukan pemikiran ini dengan melakukan aktivitas lain seperti mandi atau meditasi contohnya.


6. Memasak



Anda bisa memasak? Ini adalah salah satu cara terbaik untuk melepaskan beban pikiran pekerjaan Anda. Setiap orang tentunya harus makan, bukan? Lebih baik lagi jika Anda sudah mengetahui dari jauh-jauh hari masakan apa yang ingin Anda masak dan mempersiapkan semua bahannya. Jika tidak, maka mungkin perjalanan Anda ke swalayan terdekat dapat menjadi cara Anda untuk menghabiskan waktu.


Cari resep makanan yang Anda suka secara online, pasang musik di dapur, dan masaklah makanan sehat yang murah meriah. Tidak ada yang lebih menyegarkan dibandingkan beraktivitas atau bekerja lagi sesudah memakan makanan yang enak.


7. Mengerjakan Proyek Sampingan



Proyek sampingan adalah cara mengagumkan bagi Anda untuk mempelajari keahlian baru, bahkan mungkin saja proyek tersebut dapat menjadi sumber penghasilan Anda ke depannya. Semua orang pasti ingin mengerjakan proyek sampingan, namun sayangnya alasan yang paling sering ditemui adalah tidak ada waktu. Cobalah gunakan saja 15 menit dari waktu luang Anda setiap kalinya, Anda akan kaget melihat seberapa banyak yang telah Anda kerjakan hanya dengan waktu 15 menit itu. Lebih bagus lagi jika project sampingan itu berbeda dari pekerjaan utama Anda.


Beberapa project sampingan produktif yang dapat menjadi alternatif Anda adalah membangun blog, memulai bisnis, menulis novel, membangun situs web, dan banyak lainnya.


8. Mengatur Budget dan Mendata Keuangan



Pernahkan Anda bertanya-tanya kemana saja Anda menghabiskan penghasilan Anda? Seakan-akan ada uang yang lenyap tanpa ada sadari? Mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mendata keuangan Anda. Tidak perlu menyelesaikan semua itu dalam 1 hari, habiskan sedikit demi sedikit waktu luang Anda untuk merencanakan keuangan Anda. Dimulai dari mealokasikan budget hingga membuat catatan keuangan. Aplikasi sederhana yang dapat Anda coba adalah Mint.com atau Money Lovers.

9. Keluar dan Bersosialisasilah


Internet telah menyediakan banyak sekali sarana sosialisasi, dimulai dari jejaring sosial seperti Facebook hingga chat instan seperti BBM atau Line. Sayangnya, perlu Anda ketahui bahwa semua itu hanyalah kepalsuan semata. Cobalah letakkan semua teknologi yang mengontrol Anda, keluar, dan bersosialisasilah secara nyata. Hal paling sederhana adalah berkumpul bersama teman-teman Anda, atau jalan-jalanlah di taman bersama peliharaan Anda. Menikmati kehidupan di luar rumah Anda juga adalah salah satu bentuk produktif untuk menghabiskan waktu.


10. Bekerja Lagi



Jika semua ide di atas tidak cocok untuk Anda, mungkin yang Anda butuhkan hanyalah motivasi untuk mulai bekerja lagi. Bayangkan bagaimana pekerjaan Anda sekarang dapat membuat Anda sukses, dan mulailah bekerja kembali. Jika itu adalah hari libur, persiapkan semua kebutuhan kerja seperti meyortir email, mempersiapkan dokumen kerja, mempersiapkan to-do list, menyelesaikan tugas pekerjaan lainnya, dan seterusnya.

DOWNLOAD