12 makanan yang cocok saat musim hujan yang mudah dibuat

Kamu jadi nggak bisa keluar rumah dan cuaca dingin kadang bikin kamu jadi malas beraktivitas. Rasanya hanya ingin berbaring di balik selimut sampai hujan berhenti.

Tapi, musim hujan nggak selalu menyebalkan, sih. Karena, ada beberapa makanan yang ternyata justru lebih nikmat jika di makan saat musim hujan. Nggak hanya nikmat, makanan-makanan ini juga mudah untuk dibuat!

Apalagi buat kamu yang tinggal bareng keluarga. Daripada kamu bermalas-malasan, mending kamu ke dapur dan masak makanan-makanan yang lezat buat disantap bersama. Sambil ngobrol santai, kamu bakal merasakan kehangatan di mulut dan di hati.

1. Bakso

Bakso memang sudah terkenal sedap untuk dimakan di kala hujan. Jika cuaca mendung dan dingin, jangan ragu menyanyikan “abang tukang bakso, mari-mari sini…” untuk memanggil tukang bakso yang lewat depan rumah. Kuahnya yang hangat nggak hanya lezat tapi juga bisa bikin tubuh kamu terasa lebih hangat.

Tapi bagaimana jika nggak ada tukang bakso lewat? Tentu kamu bisa mencoba membuatnya sendiri. Nggak perlu takut repot, kamu bisa menggunakan bakso yang siap saji! Cukup meracik sendiri kuahnya sesuai seleramu! Buat yang banyak untuk berbagi bersama keluarga!

2. Soto
Makanan berkuah memang teman makan di saat cuaca tengah dingin tak bersahabat. Pasti yang wajib kamu coba adalah s oto! Ada banyak sekali resep soto di Nusantara, tergantung kamu menyukai tingkat daging, kaldu, dan tingkat kepedasan seperti apa.
Kuahnya yang kaya akan rempah memberikan sensasi tersendiri ketika masuk dan menyentuh lidahmu. Apalagi ditambah perasan jeruk lemon. Pasti nggak hanya menghangatkan tubuh, tapi juga menyegarkan. Soto juga merupakan kesukaan hampir semua orang tua. Suguhkan buat ayah dan bunda ketika dingin-dingin biar semakin di sayang!

3. Gorengan
Nggak hanya makanan berkuah, siapa sangka goreng-gorengan juga enak disantap di kala hujan. Jika kamu sedang nggak selera makan makanan berat, cobalah membuat makanan ringan seperti goreng-gorengan sederhana. Kamu bisa mencoba membuat bakwan, tahu, tempe, singkong, atau pisang goreng.

Gorengan ini lezat disantap ketika masih hangat di tengah cuaca dingin apalagi jika ditemani secangkir kopi atau teh. Ajak ayah atau bunda untuk ngobrol depan teras atau ruang tamu ditemani dua sahabat ini. Mendengarkan cerita masa muda, sambil melihat ekspresi wajah mereka bernostalgia sungguh pengalaman yang berharga.

4. Jagung rebus
Bagaimana kita bisa melupakan dua pemanja lidah ini? Jika membuat gorengan terasa merepotkan, ada cara lebih sederhana untuk membuat makanan ringan yang enak disantap ketika cuaca dingin. Cukup rebus saja jagung manis atau singkong. Mudah sekali, kan?

Meski sederhana, kita nggak bisa meragukan kelezatannya, lho! Santap ketika masih panas, maka rasa manis makanan ini akan memberikan kelezatan sekaligus rasa hangat di kala cuaca tengah tak bersahabat.

Apalagi yang punya anak atau adik-adik di rumah. Warnai hari mendung mereka dengan paling membuatkan jagung mentega/susu kental manis! Ingatkan mereka gosok gigi setelah makan ya!

5. Bandrek
Nggak semua orang berani mencoba minuman panas satu ini. Hidangan minuman khas Nusantara ini memang terkenal karena khasiatnya menghangatkan tubuh. Mudah dibuat, nggak ada salahnya jika kamu mengganti teh atau kopi kamu dengan bandrek ketika musim hujan tiba.

Kamu cukup merebus jahe, gula merah, daun pandan, dan segelas bandrek sederhana sudah siap kamu minum. Akan lebih lengkap jika kamu tambahkan madu, susu, dan rempah lainnya.

Bisa bayangkan hangatnya jahe dan manisnya gula merah jika kamu menghirupnya di tengah hujan? Hidangkan untuk seluruh anggota keluarga pada musim hujan, apalagi ketika malam hari agar mereka lebih mudah terlelap dan tidur lebih nyenyak.
baca juga: 10 tempat liburan tahun baru murah meriah di Indonesia
6. Sup bening
Kali ini adalah makanan berkuah lain yang bisa jadi alternatif pengganti bakso dan soto. Kamu bisa membuat berbagai sup. Sup ayam, sup iga, sup kentang-wortel, hingga sup buntut akan terasa lebih nikmat ketika kamu menyantapnya hangat-hangat saat tengah hujan.

Kuah yang gurih karena kaldu dan juga berbagai sayur yang direbus bersamanya tentu nggak hanya gurih, tapi bisa membuat rasa dingin dan lapar hanyur entah ke mana. Nanak nasi, kemudian sajikan pada orang-orang tercintamu di kala makan siang atau makan malam.

7. Mi instan
Makanan kali ini bisa dibilang makanan wajib yang sedap di santap kapan saja. Namun siapa sangka, saat hujan mi instan bisa terasa lebih menggiurkan! Apalagi cara membuatnya cukup mudah.

Pilihlah varian rasa mi instan favorit kamu dan kreasikan dengan berbagai bahan lain mulai dari sayur-sayuran dan telur. Jika kamu penggemar kuliner pedas, beberapa potong cabe rawit tentu akan menambah sensasi rasa panas saat cuaca dingin melanda.

Di musim hujan akhir tahun begini, pasti kamu nggak sabar ingin langsung menyajikan seluruh makanan-makanan di atas. Yuk, coba masak sendiri berbagai makanan ini. Selain mudah, tentunya makanan yang kamu masak sendiri itu lebih sehat, bukan?

Mie godok (dalam bahasa Jawa) atau mie rebus. Olahan mie khas Jawa, khususnya Jogja ini banyak digemari masyarakat Indonesia. Tak heran jika di pinggir jalan banyak ditemui penjual mie godok. Rasanya nikmat dan gurih, dengan bumbu khas Indonesia. Tanpa racikan bumbu khusus pun kamu tetap bisa menyajikan mie rebus. Cukup rebus mie instan biasa, tambahkan potongan cabai rawit, makan selagi panas. ah, di musim-musim seperti inilah kamu bisa menyantap makanan hangat yang nikmat berikut ini;

8. Laksa
Mungkin masih belum banyak yang mengenal makanan ini. Laksa merupakan kuliner perpaduan antara Tionghoa dan Melayu. Laksa sangat cocok disantap saat musim hujan. Kuahnya yang kental sangat pas dipadu dengan aneka daging di dalamnya, ditambah sayuran tauge.

9. Tongseng
Tampilan tongseng sekilas memang mirip dengan gulai. Namun, yang membedakannya adalah aroma daging dan bumbunya yang sangat kuat. Perbedaan paling mencolok adalah pada daging yang disajikan. Biasanya daging dimasak masih dengan tulang yang melekat. Tongseng dianggap sebagai makanan khas Jawa Tengah, khususnya daerah Solo.

10 Gulai
Makanan berbahan dasar aneka daging ini sangat pas menemanimu saat musim hujan. Gulai harus diolah dengan kuah yang memiliki cita rasa bumbu rempah yang cukup banyak. Gulai bisa kamu peroleh dimana saja, karena memang makanan ini merupakan kuliner Indonesia yang terkenal enak. Masak sendiri juga bisa, tapi tentu butuh waktu lama dan persiapan yang oke.

11. Makaroni Kuah
Sajian berkuah yang lezat ini bisa dijadikan pilihan utama santapan saat hujan. Kandungan makaroni berbahan gandum yang kaya akan serat bisa membuat penernaanmu lancar dan tidak perlu khawatir akan menimbun lemak.
Bumbu makaroni kuah bisa kamu buat sama seperti bumbu sop buntut atau cukup tambahkan makaroni pada mie rebus biasa.

12. Sop Buntut
Sop yang familiar dengan isi ekor sapi yang khas ini memang lezat. Perpaduan dagingnya yang empuk dan campuran aneka sayuran bisa memanjakan lidahmu saat musim hujan. Tentu kamu harus menyiapkan dagingnya dulu. Cara memasaknya mungkin tidak sepraktis memasak mie rebus ya.

Post a Comment for "12 makanan yang cocok saat musim hujan yang mudah dibuat"